dari sekian banyak tokoh penganjur kedaulatan rakyat akan saya tuliskan beberapa di antaranya seperti akan saya jabarkan satu persatu.berikut ringkasannya.
TOKOH-TOKOH PENGANJUR KEDAULATAN RAKYAT
1. Agustinus (354 - 439)
santo agustinus lahir di Tagaste(tunisia)afrika selatan,kehidupan spiritualistas agustinus awalnya kurang baik dan sempat hidup bersama wanita tanpa menikah dan dikaruniai seorang anak.namun ia pada akhirnya bertaubat pada april 387 M,ia memeluk agama katolik dan ia pun menjadi pelayan tuhan dan kemudian di angkat menjadi bishop di Hippo.
pemikiran agustinus kemudian di tuangkan dalam tulisan-tulisannya mengaenai berbagai persoalan teologis,sosial,politik,dan etika kristiani.salah satu karyanya dalam bidang politik adalah "city of god".selain teologi kristiani,agustinus juga banyak dipengaruhi oleh idealisme plato,dan karenannya ia di kenal sebagai neo platonis.
city of god terdiri dari 22 buku dimana 10 buku berisikan sanggahan dan jawaban terhadap pertanyaan sekitar kehancuran roma,dan sisanya menganai manusia dan masyarakat,buku tersebut sangat terinspirasi oleh dua peristiwa besar yaitu kejatuhan roma ke tangan bangsa bar-bar visigoth dan alarik pada tahun 410 M dan diterimannya agama kristen melalui dekrit politik kaisar theodosius menjadi agama resmi imperium romawi pada 393 M.
agustinus menganalogikan negara sebagai tubuh dan jiwa,tubuh pada hakikatnya bersifat temporal dan fana,tubuh bisa berkembang,tumbuh,dan mati.sementara itu sebaliknya jiwa bersifat kekal ,abadi dan tidak kekal.karenannya adanya sebuah negara tidak bisa lepas dari tuhan yang abadi,dengan kata lain legitimasi kekuasaan dunia para kaisar hanya diakui sejauh tidak bertentangan dengan kehendak gereja dan paus.
pemikiran politik agustinus ini kemudian memberikan keuntungan para gereja khususnya kepada pimpinan tertinggi dalam agama kristen untuk memegang kekuasaan politik,ini artinya seluruh monarki dan raja di eropa pada waktu itu mendapatkan otoritasnya dari tuhan dan pemimpin agama di gereja adalah reprentasi tuhan di dunia.doktrin tersebut juga berimplikasi pada pemikiran hubungan antar negara dan seluruh manusia dalam "universal community of man under god that represented by christian church".
universal community of man ini di kenal dengan sebutan "humanitas".mirip dengan konsep polis pada jaman yunani atau imperium pada masa romawi .humanitas terdiri dari dari seluruh manusia dari seluruh ras,mereka tersatukan dibawah tuhan kemudian secara lebih kecil diatur oleh kota atau negara,tuhan dipandang sebagai pemilk"kekuasaan atau kedaulatan" mutlak.sementara negara di bawahnya,kerajaan dunia (the word state) dibawah tuhan ini memiliki visi untuk membuat dunia yang lebih damai.
berikut adalah ringkasan ajaran dari agustinus diantaranya adalah
3. Fredrich julius stahl (1802 - 1861)
lahir di wurzburg,keturunan yahudi sebagai joel jolson dan dibesarkan ketat dalam agama yahudi dan di izinkan untuk menghadiri gimnasium,sebagai hasil dari pengaruhnya ia pada umur 17 tahun masuk kristen dan dibaptis ke dalam gereja lutheran di erlangen pada tanggal 6 november 1819.untuk keyakinan ini ia menempel dengan pengabdian sungguh-sungguh dan ketekunan sampai kematiannya,setealah belajar hukum di wurzburg,heidelberg dan erlangen,stahl untuk mengambil gelar dokter juris,membuktikan dirinya sebagai privatdozent di munich di angkat (1832) profesor biasa diwuzburg,dan pada tahun 1840 menerima kursi hukum gerejawi dan pemerintahan di berlin.
disini ia segera membuat tanda sebagai pengacara gerejawi dan di angkat menjadi anggota ruang pertama sinode umum,terpilih pada tahun 1850 anggota parlemen erfurt berumur pendek.ia sangat menentang gagasan federasi jerman.stahl awal jatuh di bawah pengaruh schelling dan desakan yang terakhir.mulai tahun 1827 karya besarnya die philosophie des rechts nach geschichtlicher ansicht (pandangan sejarah filsafat hukum) dimana dia mendasarkan semua hukum dan ilmu politik pada wahyu kristen,menyangkal doktrin rasionalistikmdan sebagai pengurang dari prinsip ini menyatakan bahwa gereja negara harus benar-benar pengakuan.
posisi ini ia lebih lanjut dijelaskan dalam bukunya der staat christliche und sein verhaltniss zum deismus und judenthum (the cristian negara dan hubunganya dengan deisme dan yudaisme;1847).sebagaioberkirchenrath (sinode anggota dewan).stahl menggunakan semua pengaruhnya untuk melemahkan prusia uni gereja (yaitu bahwa kompromi antara calvinis dan lutheran.doktrin yang merupakan inti dari gereja injili di prusia) dan untuk memperkuat pengaruh gereja lutheran (cf.die lutherische kirche und die union,1859).stahl menganjurkan pembentukan konstitusi uskup dari lutheran,mirip dengan katolik roma atau anglikan.
menteri rusia von bunsen menyerangnya,sementara raja frederick william IV di dukung stahl dalam kebijakan gerejawi,dan prusia union mungkin akan di bubarkan .(setelah william I kaisar jerman) supervened pada tahun 1858.pengaruh stahl jatuh dibawah rezim baru.dan sambil tetap menjadi anggota dari prusia house of lord(herenhaus)ia mengundurkan diri duduk di sinode umum,saat mengambil obat ia tiba-tiba meninggal di bad bruckenau.
frederich hertz dalam bukunya"nationality in history and politics" mengemukakan bahwa setiap bangsa mempunyai 4 unsur aspirasi sebagai berikut:
4. J.J Roseau (1712-1778)
Jean Jacques Rouseau lahir di jenewa swiss pada 28 juni 1712 dan meninggal di ermenonville,oise perancis 2 juli 1778 pada umur 66 tahun,dia adalah seorang filosofi besar,penulis dan komposer pada abad pencerahan,pemikiran filosofinya mempengaruhi revolusi prancis.perkembangan politika modern dan dasar pemikiran edukasi.karya novelnya emile atau on education yang di nilai merupakan karyanya.yang terpenting adalah kunci pada pokok pendidikan kewarganegaraan yang seutuhnya.julie ou la nouvelle heloise.novel sentimental,tulisannya adalah karya penting yang mendorong perkembanganera pre-romanticism dan romanticism di bidang tulisan fiksi.karya autobiografi rouseau adalah "confesion"yang menginisiasi bentuk tulisan bentuk tulisan autobiogarfi modern dan reveris of a solitary walker (seiring dengan karya lessing and goethe in german dan richardson and sterne in english).adalah contoh utama gerakan akhir abad ke 18 "age of sensibility".yang memfokus pada masalah subjektivitas dan instropeksi yang mengkarakterisasi era modern.Roseau juga menulis dua drama dan dua opera dan menyumbang kontribusi penting di bidang musik sebagai teorist.pada periode revolusi perancis,roseau adalah filsafat terpopuler di antara anggota jacobin club.dia di masukan sebagai pahlawan nasional di pantheon paris pada tahun 1794,enam belas tahun setelah kematiannya.
kedaulatan rakyat.
j.j roseau juga menjadi pelopor dari prinsip kedaulatan rakyat dan dinobatkan menjadi bapak kedaulatan,dan menjadi inspirasi dari revolusi perancis.
menurutnya bahwa raja memrintah hanya sebagai wakil rakyat,sedangkan kedaulatan penuh berada di tangan rakyat dan tidak dapat di bagikan kepada pemerintah.teori ini menjadi inspirasi bagi banyak negara termasuk amerika serikat dan juga indonesia,dan dapat di simpulkan bahwa ternd dan simbol pada abad 20 madalah tentang kedaulatan rakyat.
menurut teori ini rakyatlah yang berdaulat dan mewakilkan atau menyerahkan kekuasaanya kepada negara,kemudian negara memecah menjadi beberapa kekuasaan yang diberikan kepada pemerintah ataupun lembaga perwakilan,tetapi pada saat teori ini di lahirkan banyak negara yang masih menganut sistem monarki,maka yang berkuasa adalah raja atau pemerintah.bilamana pemerintah ini melaksanakan tugasnya tidak sesuai dengan kehendak rakyat maka rakyat akan bertindak mengganti pemerintahan itu,kedaulatan rakyat ini didasarkan pada kehendak umum yang di sebut"volonte generale" oleh roseau.apabila raja memerintah hanya sebagai wakil sedangkan kedaulatan penuh ditangan rakyat dan tidak dapat di bagikan kepada pemerintah itu.
5. Montes Quieu (1688-1755)
doktrin trias politika ini untuk pertama kali dikemukakan oleh John Locke (1632-1704).dan montes quieu (1689-1755) dan doktrin ini biasa di tafsirkan sebagai pemisahan kekuasaan,john locke mengenukakan konsep trias politika ini dalm bukunya berjudul "two triatises on civil goverment" yang ditilisnya sebagai kritikan atas kekuasaan absolut,menurut locke kekuasaan dibagi dalam tiga kekuasaan
berikut adalah ringkasan ajaran dari agustinus diantaranya adalah
- mengakui manusia dengan kepercayaan dan agama tidak boleh dipisahkan,tanpa kepercayaan dari agama,manusia akan sesak,dan tanpa akal,orang tidak akan memperoleh pengertian yang jelas tentang kepercayaan dan agama itu.
- kehendak manusia berpangkal di atas akal,dan cinta kasih sayang mempunyai arti kesucian di atas ilmu pengetahuan,juga berlaku terhadap tuhan,sedang tuhan terutama berarti cinta kasih sayang.
- roh/jiwa agak bebas terhadap raga,dan jiwa mengenal dirinya secara langsung dan intuisif,yang terdiri atas kebendaan dan bentuk.
- spiritualisme yang antropologis (jiwa itu tidak lain dari manusia itu sendiri)berjalan berdampingan dengan spiritualisme yang bersifat teori mengenal.
- kebendaan itu pada hakikatnya cahaya,bahwa jiwa itu menghendaki tubuh,dan tubuh jiwa merupakan pandangan yang dualistis.
2. Thomas Aquino (1225 - 1274)
Thomas Aquinas (1225,Aquino,italia,7 maret 1274)kadang kala juga disebut thomas d'aquino (bahasa italia:tommaso d'aquino)adalah seorang filsuf dan ahli teologi ternama dari italia,ia terutama menjadi terkenal karena dapat membuat sintesis dari filsafat aristoteles dan ajaran gereja kristen,sintesisnya ini termua dalam karya utamannya:summa theologiae (1273).ia disebut sebagai "ahli teologi utama orang kristen".bahkan ia di anggap sebagai orang suci oleh gereja katolik dan memiliki gelar santo.
kehidupan tomas aquinas.
aquinas merupakan teolog skolastis yang terbesar,ia adalah murid albertus magnus,albertus mengajarkan kepadannya filsafat aristoteles sehingga ia sangat mahir dalam filsafat itu.pandangan-pandangan filsafat aristoteles diselaraskannya dengan pandangan-pandangan alkitab yang sangat berhasil menyelaraskan keduanya sehingga filsafat aristoteles tidak menjadi unsur yang berbahaya bagi iman kristen.pada tahun 1879 ajaran-ajarannya dijadikan sebagai ajaran yang syah dalam gereja katolik roma oleh paus leo XIII.
thomas dilahirkan dirocasecca,dekat aquino,italia tahun 1225,ayahnya ialah pangeran landulf dari aquino,orang tuanya adalah orang kristen yang saleh,oleh sebab itulah anakya,thomas pada umur lima tahun di serahkan kebiara benediktus dimonte casino untuk di bina agar kelak menjadi biarawan,setelah 10 tahun thomas berasa di monte cassino ia lalu dipindahkan ke naples untuk menyelesaikan pendidikan bahasanya,selama disana ia mulai tertarik kepada pekerjaan kerasulan gereja,dan ia berusaha untuk pindah ke ordo dominikan,suatu ordo yang sangat berperanan pada abad itu.namun keinginannya tak di restui oleh orang tuannya sehingga ia haus tinggal di roccaseca slama setaun lebih lamamya,namun tekadnya sudah bulat sehingga orang tuannya menyerah kepada keinginan anaknya dan pada tahun 1245 thomas resmi menjadi anggota ordo dominikan.
sebagai anggota ordo dominikan tomas dikirim belajar pada universitas paris,sebuah universitas yang sangat terkemuka pada masa itu,ia belajar disana selama tiga tahun (1245-1248).di sinilah ia berkenalan dengan albertus yang memeperkenalkan filsafat aristoteles kepadannya,ia menemani albertus magnus memberikan kuliah stadium generale cologne,perancis pada tahun 1248-1252.
pada tahun 1252,ia kembali ke paris dan memulai memberi kuliah biblika (1252-1254) dan sentences,karangan petrus abelardus (1254-1256) di konven st.jacques,paris.kecakapan tomas sangast terkenal sehingga ia di tugaskan untuk memberikan kuliah-kuliah dalam bidang filsafat dan teologika dibeberapa kota di italia,seperti anagni,orvieto,roma,dan viterbo selama 10 tahun lamanya.pada tahun 1269 tomas di panggil keparis dan ia hanya 3 tahun berada disana karena pada tahun 1272 ia di tugaskan untuk membuka sebuah sekolah dominikan di naples.
dalam perjalanan menuju ke konsili lyon,tiba-tiba thomas sakit dan meninggal di biara fossanuova 7 maret 1274.paus yohanes XXII mengangkat thomas sebagai orang kudus pada tahun 1323.
Pokok ajaran thomas aquinas
- thomas mengajarkan Allah sebagai "ada yang tak terbatas"(ipsum esse subsistens).Allah adalah "dzat yang tertinggi",yang mempunyai keadaan yang paling tinggi ,Allah adalah penggerak yang tidak bergerak.tampak sekali pengaruh filsafat aristoteles dalam pandanganya.
- dunia ini dan hidup manusia terbagi atas dua tingkat,yaitu tingkat adikodrati dan kodrati,tingkat atas dan bawah.tingkat bawah(kodrati)hanya dapat di pahami dengan menggunakan akal.hidup kodrati ini kurang sempurna dan ia bisa menjadi sempurna kalau disempurnakan oleh hidup rahmat(adikodrati)."tabiat kodrati bukanditiadakan melainkan di sempurnakan oleh rahmat".demikian kata thomas Aquinas.
- mengenai manusia,thomas mengajarkan bahwa pada mulanya manusia mempunyai hidup kodrati yang sempurna dan diberi rahmat allah.ketika manusia jatuh ke dalam dosa,rahmat Allah(rahmat adikodrati)itu hilang dan tabiat kodarati manusia menjadi kurang sempurna.manusia tidak dapat lagi memenuhi hukum kasih tanpa bantuan rahmat adikodrati,rahmat adikodrati itu di tawarkan kepada manusia lewat gereja,dengan bantuan rahmat adikodrati manusia dikuatkan untuk mengerjakan keselamatannya dan memungkinkan manusia dimenangkan oleh kristus.
- mengenai sakramen,ia berpendapat bahwa terdapat tujuh sakramenyang diperintahkan oleh kristus,dan sakramen yang terpenting adalah ekaristi (sacramentum sacramentorum),rahmat adikodrati itu di salurkan kepada orang percaya lewat sacramen,dengan menerima sakramen orang mulai berjalan menuju kepada suatu kehidupan yang baru dan melakukan perbuatan-perbuatan baik yang menjadikan ia berkenan kepada Allah.dengan demikian rahmat adikodrati sangat penting karena manusia tidak bisa berbuat apa-apa yang baik tanpa rahmat yang dikaruniakan oleh Allah.
- gereja dipandangnya sebagai lembaga keselamatan yang tidak dapat berbuat salah dalam ajarannya,paus memeiliki kuasa yang tertinggidalam gerejadan pauslah satu-satu nya pengajar yang tertinggi dalam gereja.karya teologis thomas yang sangat terkenal adalah"summa contra gentiles" dan "summa theologia".
3. Fredrich julius stahl (1802 - 1861)
lahir di wurzburg,keturunan yahudi sebagai joel jolson dan dibesarkan ketat dalam agama yahudi dan di izinkan untuk menghadiri gimnasium,sebagai hasil dari pengaruhnya ia pada umur 17 tahun masuk kristen dan dibaptis ke dalam gereja lutheran di erlangen pada tanggal 6 november 1819.untuk keyakinan ini ia menempel dengan pengabdian sungguh-sungguh dan ketekunan sampai kematiannya,setealah belajar hukum di wurzburg,heidelberg dan erlangen,stahl untuk mengambil gelar dokter juris,membuktikan dirinya sebagai privatdozent di munich di angkat (1832) profesor biasa diwuzburg,dan pada tahun 1840 menerima kursi hukum gerejawi dan pemerintahan di berlin.
disini ia segera membuat tanda sebagai pengacara gerejawi dan di angkat menjadi anggota ruang pertama sinode umum,terpilih pada tahun 1850 anggota parlemen erfurt berumur pendek.ia sangat menentang gagasan federasi jerman.stahl awal jatuh di bawah pengaruh schelling dan desakan yang terakhir.mulai tahun 1827 karya besarnya die philosophie des rechts nach geschichtlicher ansicht (pandangan sejarah filsafat hukum) dimana dia mendasarkan semua hukum dan ilmu politik pada wahyu kristen,menyangkal doktrin rasionalistikmdan sebagai pengurang dari prinsip ini menyatakan bahwa gereja negara harus benar-benar pengakuan.
posisi ini ia lebih lanjut dijelaskan dalam bukunya der staat christliche und sein verhaltniss zum deismus und judenthum (the cristian negara dan hubunganya dengan deisme dan yudaisme;1847).sebagaioberkirchenrath (sinode anggota dewan).stahl menggunakan semua pengaruhnya untuk melemahkan prusia uni gereja (yaitu bahwa kompromi antara calvinis dan lutheran.doktrin yang merupakan inti dari gereja injili di prusia) dan untuk memperkuat pengaruh gereja lutheran (cf.die lutherische kirche und die union,1859).stahl menganjurkan pembentukan konstitusi uskup dari lutheran,mirip dengan katolik roma atau anglikan.
menteri rusia von bunsen menyerangnya,sementara raja frederick william IV di dukung stahl dalam kebijakan gerejawi,dan prusia union mungkin akan di bubarkan .(setelah william I kaisar jerman) supervened pada tahun 1858.pengaruh stahl jatuh dibawah rezim baru.dan sambil tetap menjadi anggota dari prusia house of lord(herenhaus)ia mengundurkan diri duduk di sinode umum,saat mengambil obat ia tiba-tiba meninggal di bad bruckenau.
frederich hertz dalam bukunya"nationality in history and politics" mengemukakan bahwa setiap bangsa mempunyai 4 unsur aspirasi sebagai berikut:
- keinginan untuk mencapai kesatuan nasional yang terdiri atas kesatuan sosial,ekonomi,politik,agama,kebudayaan,komunikasi dan solidaritas.
- keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya,yaitu bebas dari dominasi dan campur tangan bangsa asing terhadap urusan dalam negerinya.
- keinginan dalam kemandirian,keunggulan,individualisme,keaslian dan kekhasan.
- keinginan untuk menonjol (unggul) di antara bangsa-bangsa dalam mengejar kehormatan,pengaruh dan prestice.
4. J.J Roseau (1712-1778)
Jean Jacques Rouseau lahir di jenewa swiss pada 28 juni 1712 dan meninggal di ermenonville,oise perancis 2 juli 1778 pada umur 66 tahun,dia adalah seorang filosofi besar,penulis dan komposer pada abad pencerahan,pemikiran filosofinya mempengaruhi revolusi prancis.perkembangan politika modern dan dasar pemikiran edukasi.karya novelnya emile atau on education yang di nilai merupakan karyanya.yang terpenting adalah kunci pada pokok pendidikan kewarganegaraan yang seutuhnya.julie ou la nouvelle heloise.novel sentimental,tulisannya adalah karya penting yang mendorong perkembanganera pre-romanticism dan romanticism di bidang tulisan fiksi.karya autobiografi rouseau adalah "confesion"yang menginisiasi bentuk tulisan bentuk tulisan autobiogarfi modern dan reveris of a solitary walker (seiring dengan karya lessing and goethe in german dan richardson and sterne in english).adalah contoh utama gerakan akhir abad ke 18 "age of sensibility".yang memfokus pada masalah subjektivitas dan instropeksi yang mengkarakterisasi era modern.Roseau juga menulis dua drama dan dua opera dan menyumbang kontribusi penting di bidang musik sebagai teorist.pada periode revolusi perancis,roseau adalah filsafat terpopuler di antara anggota jacobin club.dia di masukan sebagai pahlawan nasional di pantheon paris pada tahun 1794,enam belas tahun setelah kematiannya.
kedaulatan rakyat.
j.j roseau juga menjadi pelopor dari prinsip kedaulatan rakyat dan dinobatkan menjadi bapak kedaulatan,dan menjadi inspirasi dari revolusi perancis.
menurutnya bahwa raja memrintah hanya sebagai wakil rakyat,sedangkan kedaulatan penuh berada di tangan rakyat dan tidak dapat di bagikan kepada pemerintah.teori ini menjadi inspirasi bagi banyak negara termasuk amerika serikat dan juga indonesia,dan dapat di simpulkan bahwa ternd dan simbol pada abad 20 madalah tentang kedaulatan rakyat.
menurut teori ini rakyatlah yang berdaulat dan mewakilkan atau menyerahkan kekuasaanya kepada negara,kemudian negara memecah menjadi beberapa kekuasaan yang diberikan kepada pemerintah ataupun lembaga perwakilan,tetapi pada saat teori ini di lahirkan banyak negara yang masih menganut sistem monarki,maka yang berkuasa adalah raja atau pemerintah.bilamana pemerintah ini melaksanakan tugasnya tidak sesuai dengan kehendak rakyat maka rakyat akan bertindak mengganti pemerintahan itu,kedaulatan rakyat ini didasarkan pada kehendak umum yang di sebut"volonte generale" oleh roseau.apabila raja memerintah hanya sebagai wakil sedangkan kedaulatan penuh ditangan rakyat dan tidak dapat di bagikan kepada pemerintah itu.
5. Montes Quieu (1688-1755)
doktrin trias politika ini untuk pertama kali dikemukakan oleh John Locke (1632-1704).dan montes quieu (1689-1755) dan doktrin ini biasa di tafsirkan sebagai pemisahan kekuasaan,john locke mengenukakan konsep trias politika ini dalm bukunya berjudul "two triatises on civil goverment" yang ditilisnya sebagai kritikan atas kekuasaan absolut,menurut locke kekuasaan dibagi dalam tiga kekuasaan
- kekuasaan legislatif (adalah kekuasaan membuat peraturan dan undang-undang)
- kekuasaan eksekutif (adalah kekuasaan melaksanakan undang-undang dan di dalamnya termasuk kekuasaan mengadili)
- kekuasan federatif (adalah kekuasaan yang meliputi segala tindakan untuk menjaga keamanan negara dalam hubungan dengan negara lain seperti membuat aliansi dan sebagainya,dan dewasa ini di sebut hubungan luar negeri).
beberapa puluh tahun kemudian pada tahun 1748 filusuf perancis monteqiau mengembangkan lebih lanjut pemikiran locke ini dalam bukunya"L 'esprit des lois(the spirit of the laws).karena melihat sifat dari raja-raja bourbon,dan ia menyusun suatu sistempemerintahan dimana warga negaranya merasa lebih terjamin haknya.
menurut dia tiga kekuasaan itu haruslah terpisah satu sama lain,baik mengenai tugas(fungsi)maupun mengenai alat perlengkapan (organ) yang menyelenggarakan.terutama adanya kebebasan badan yudikatif yang di tekankan oleh montesqueau,ol;eh karena itu di sinilah letaknya kemerdekaan individu dan hak asasi manusia itu di jamin dan di pertaruhkan.
kekuasaan legislatif menurut dia adalah kekuasaan untuk membuat undang-undang.
kekuasaan eksekutif meliputi penyelenggaraan undang -undang dan sedangkan
kekuasaan yudikatif adalah kekuasaan mengadili atas pelanggaran undang-undang.
jadi berbeda dengan john locke yang memasukan kekuasaa yudikatif ke dalam kekuasaan eksekutif, montesquiau memandang kekuasaan mengadili (yudikatif ) itu sebagai kekuasaan yang berdiri sendiri,hal ini di sebabkan oleh karena dalam pekerjaanya sehari-hari sebagai hakim.montesquiau mengetahui bahwa kekuasaan eksekutif itu berlainan dengan kekuasaan pengadilan.sebaliknya oleh montesquiau kekuasaan hubungan luar negeri yang di sebut john locke sebagai kekuasaan federatif dimasukan kedalam kekuasaan eksekutif,oleh montesquiau dikemukakan bahwa kemerdekaan hanya dapat dijamin jika ketiga fungsi tersebut tidak di pegang oleh satu orang atau badan,tetapi oleh tiga orang atau badan yang terpisah.dikatakan olehnya "kalau kekuasaan legislatif dan kekuasaan eksekutif disatukan dalam satu orang atau dalam satu badan penguasa maka tidak akan ada kemerdekaan.akan menjadi malapetaka kalau seandainya satu orang atau badan.apakah terdiri dari kaum bangsawan ataukah dari rakyat jelata diserahi menyelenggarakan ketiga kekuasaan itu,pada pokoknya montesquiau dengan teorinya itu menginginkan jaminan bagi kemerdekaan individu terhadap tindakan sewenang-wenang dari penguasa.dan hal ini menurut pandangannya hanya mungkin tercapai jika di adakan pemisahan mutlak antara ketiga kekuasaan tersebut.
6. John Locke (1632-1704)
pemikiran john locke mengenai trias politika ada di dalam magnum opus (karya besar) yang ia tulis dan berjudul two triatises of goverment yang terbit tahun 1690.dalam karyanya tersebut locke menyebut bahwa
- fitrah dasar manusia adalah "bekerja (mengubah alam dengan keringat sendiri)" dan "memiliki milik (properti)".oleh sebab itu,negara yang baik harus dapat melindungi manusia yang bekerja dan juga melindungi milik setiap orang yang diperoleh berdasarkan hasil pekerjaanya tersebut.
dalam masa ketika locke hidup adalah milik setiap orang utamanya adalah bangsawan.bangsawan memiliki posisi yang rentan ketika diperhadapkan dengan raja,kerap kali raja sewenang-wenang melakukan akuisisi atas milik para bangsawan dengan dalih beraneka ragam.sebab itu,kerap kali kalangan bangsawan mengadakan perang dengan raja akibat persengketaan milik ini,misalnya peternakan,tanah,maupun kastil.
negara ada dengan tujuan utama melindungi milik pribadi dari serangan individu lain,demikian devinisi tujuan negara versi locke.untuk memenuhi tujuan tersebut perlu adanya kekuasaan terpisah kekuasaan yang tidak melulu di tangan seorang raja/ratu.menurut locke kekuasaan yang harus di pisah tersebut adalah legislatif,eksekutif dan federatif.
kekuasaan legislatif adalah kekuasaan untuk membuat undang -undang,hal penting yang harus di buat di dalam undang-undang adalah bahwa masyarakat yang ingin menikmati miliknya secara damai,untuk situasi damai tersebut perlu terbit adanya undang-undang yang mengaturnya.namun bagi john locke masyarakat yang dimaksudkan adalah bukanlah masyarakat secara umum melainkan kaum bangsawan,rakyat jelata tidak masuk ke dalam kategori struktural masyarakat yang di belanya,perwakilan rakyat versi locke adalah perwakilan kaum bangsawan untuk berhadapan dengan raja/ratu.
kekuasaan ksekutif adalah kekuasaan untuk melaksanakan amanat undang-undang,dalam hal ini kekuasaan eksekutif berada ditangan raja/ratu inggris,kaum bangsawan tidak melaksanakan sendiri undang-undang yang mereka buat,melainkan diserahkan ke tangan raja/ratu.
kekuasaan federatif adalah kekuasaan menjalin hubungan dengan negara-negara atau kerajaan -kerajaan lain,kekuasaan ini mirip dengan departemen luar negeri masa kini,kekuasaan ini antara lain untuk membangun liga perang,aliansi politik luar negeri menyatakan perang dan damai,pengangkatan duta besar,dan sejenisnya.kekuasaan ini oleh sebab alasan kepraktisan diserahkan kepada raja/ratu inggris.
dari pemikiran john locke dapat ditarik kesimpulan bahwa dari ketiga kekuasaan yang di pisah,dua berada di tangan raja/ratu dan satu berada di tangan kaum bangsawan.pemikiran locke ini belum sepenuhnya sesuai dengan trias politika dimasa kini,pemikiran locke kemudian di sempurnakan oleh rekan perancisnya,montesqueau.
semoga bermanfaat.
terima kasih telah berkunjung ke http://mystartsmallblogspot.blogspot.com/
No comments:
Post a Comment